Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 Dimulai! Simak Tips Mengerjakan Soal Soshum

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 Dimulai! Simak Tips Mengerjakan Soal Soshum

- in Featured, Nasional
388
0

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 Dimulai! Simak Tips Mengerjakan Soal Soshum

Jakarta, Gramediapost.com

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 telah dimulai. Bagi kamu yang mendapatkan jadwal UTBK hari ini, semangat ya! Yakinlah dengan kemampuanmu sendiri, dan bila masih ada kesempatan belajar menjelang UTBK, manfaatkan waktu yang ada. Jaga fokus dan kesehatan, siap mental, serta tetap tenang dan konsentrasi.

 

Bagi kamu yang mengambil kelompok ujian Soshum, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berjuang di arena pertempuran. Tips di bawah ini wajib kamu baca agar bisa mengerjakan soal UTBK Soshum dengan baik, benar, dan lancar. Ingat, Soshum bukan hanya tentang hafalan, tetapi juga pemahaman, ya. Supaya kamu semakin siap dan paham, mari kita bahas tips-tipsnya satu per satu.

 

  1. Pahami materi UTBK Soshum 2021

 

Materi yang diujikan dalam kelompok ujian Soshum terdiri dari mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah. Setiap mata pelajaran tersebut memiliki sub materi yang perlu kamu pahami secara keseluruhan. Namun, umumnya setiap mata pelajaran yang diujikan memiliki materi-materi yang lazim muncul di soal UTBK Soshum. Contohnya dalam ujian Ekonomi, materi yang sering muncul yaitu mengenai Elastisitas, Biaya Produksi, dan Konsep Ilmu Ekonomi. Untuk ujian Geografi, materi yang sering muncul yaitu tentang Hirosfer, Litosfer, Biosfer, dan Peta. Sedangkan untuk Sosiologi dan Sejarah, materi Konflik Sosial, Stratifikasi Sosial, Kerajaan Hindu-Budha, Peradaban Kuno, dan Demokrasi Terpimpin  seringkali menjadi topik favorit dan muncul di soal UTBK Soshum dari tahun ke tahun.

 

  1. Kenali model soal UTBK Soshum  dan perbanyak latihan

 

Dalam soal pilihan ganda, kerjakan soal yang berbau logika dan pengetahuan hafalan dulu untuk menghemat waktu. Tetapi, jika kamu jago dalam hitung-hitungan, tidak ada salahnya mengutamakan soal hitungan terlebih dahulu sebelum mengerjakan tipe soal lain. Intinya, kerjakan soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu.

 

Selain soal pilihan ganda, di UTBK Soshum juga ada soal sebab-akibat. Nah, dalam model soal ini, kamu akan diuji tentang pemahaman konsep materi. Untuk menjawab soal model ini, kamu perlu mengasah kemampuan nalar dan berpikir logis dengan memperbanyak membaca materi Soshum dan latihan soal. Semakin banyak kamu menganalisis soal serta materi, maka kamu akan semakin paham. Terakhir, ada model soal benar-salah. Kamu hanya perlu teliti dalam mengerjakan tipe soal ini. Rajinlah membahas soal benar-salah ini,  supaya kamu terbiasa dengan sistem pengerjaan soal. Semakin banyak latihan, kamu akan semakin terhindar dari kecerobohan dalam menjawab soal.

 

  1. Dalami materi yang belum dikuasai

 

Tak ada gading yang tak retak. Dari sekian banyak sub materi Soshum, pasti ada satu atau dua  materi yang belum kamu kuasai secara mendalam. Yuk, latihan terus! Kupas-tuntas soal-soal UTBK Soshum dari tahun-tahun sebelumnya. Uji diri kamu sendiri dengan melihat soal dari materi apa yang sekiranya kamu banyak benarnya dan soal dari materi apa yang kamu rasa sangat kurang. Identifikasi kekurangan kamu dan perbaiki dengan cara pendalaman materi. Ada banyak caranya kok. Kamu bisa merekam suara kamu ketika menjelaskan materi tertentu dan mendengarkannya ulang saat sedang makan atau istirahat. Sering-sering ikut Try Out yang ada pembahasannya. Segala kiat ini akan membantu kamu untuk memahami materi apa yang masih belum kamu kuasai dengan baik.

 

  1. Berusaha secara optimal dan berserah diri

 

Berusaha secara optimal merupakan kunci kesuksesan dalam semua hal, termasuk tes UTBK maupun seleksi SBMPTN. Selain berusaha secara optimal, berserah diri juga menjadi penting sebagai upaya penguatan mental dan peningkatan keyakinan diri dalam menghadapi tes UTBK maupun seleksi SBMPTN.

 

Nah, itu dia tips mengerjakan soal Soshum yang bisa kamu pelajari. Yuk, optimalkan persiapan UTBK kamu bersama Ruangguru. Tersedia situs khusus dari Ruangguru yang akan selalu update mengenai persiapan ujianmu yang tinggal hitungan hari ini! Mulai dari jadwal, tata cara, latihan soal, dan referensi jurusan. Intip dan pelajari ruangguru.com/utbk-sbmptn atau kunjungi uji.ruangguru.com sekarang!

 

Selain itu, kamu juga bisa mengunduh dan langganan aplikasi Ruangguru kamu! Daftarkan dirimu di UTBK Experts dengan cara, ketik “UTBKEXPERTS” dan kirim ke nomor WhatsApp Ruangguru +62 815-7820-0000.

(Hotben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Seribu Ajak Warga Pulau Panggang untuk Memperkuat Iman dan Silaturahmi Melalui Hataman dan Tadarus Al-Qur’an di Masjid Ani’mah

Post Views: 2 Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Seribu Ajak