Taiwan: Partner Cerdas untuk Pemulihan Berkelanjutan Indonesia 30 November – 3 Desember 2022 Manufacturing Indonesia (Hall A1, Stand No. 1418)

Taiwan: Partner Cerdas untuk Pemulihan Berkelanjutan Indonesia 30 November – 3 Desember 2022 Manufacturing Indonesia (Hall A1, Stand No. 1418)

- in Nasional
23
0

 

 

Taiwan: Partner Cerdas untuk Pemulihan Berkelanjutan Indonesia
30 November – 3 Desember 2022
Manufacturing Indonesia (Hall A1, Stand No. 1418)

 

Jakarta, Cosmopolitanpost.com

 

Di masa pasca pandemi, Industri manufaktur global menghadapi tantangan dan peluang baru, seperti industri kendaraan listrik dan sektor energi hijau. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi para produsen untuk mengadopsi teknologi manufaktur cerdas agar dapat mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi, untuk beradaptasi dengan permintaan yang berubah-ubah.

Sebagai pengekspor peralatan mesin ke-5 teratas di dunia, Taiwan memiliki latar belakang yang kuat di dalam peralatan IT dan telekomunikasi, serta rantai pasokan peralatan mesin yang lengkap. Karena itu, perusahaan-perusahaan Taiwan memiliki keahlian dalam memberikan solusi manufaktur cerdas, yang bisa disesuaikan dengan permintaan klien dalam waktu singkat. Pada tahun 2021, nilai ekspor produk mesin Taiwan adalah 27,53 miliar dolar AS, dimana terdapat peningkatan tahunan sebesar 31,7%. Dari Januari hingga Oktober 2022, nilai ekspor naik menjadi 2,50 miliar dolar AS, meningkat 11,4% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

“Taiwan adalah rumah bagi sejumlah produk teknologi tinggi, termasuk beberapa model mesin industri dan peralatan mesin yang canggih. Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok terbesar peralatan mesin cerdas untuk pasar Indonesia,” kata Mr. Jack Hsiao, Deputy Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO)

Dia menambahkan, bahwa pada tahun 2021 Indonesia telah mengimport produk mesin pintar senilai 446,108 juta dolar AS dari Taiwan, terdapat peningkatan sebesar 1,79% dibandingkan tahun 2020. Dari total mesin bubut yang diluncurkan pada tahun 2021, Indonesia menyerap sekitar 46,011 juta dolar AS untuk peralatan tersebut. Taiwan menyumbang 11,1% dari total, senilai 5,106 juta dolar AS.

Mengenai pusat permesinan, tambah Jack Hsiao, Indonesia mengimpor total 43,257 juta dolar AS selama periode yang sama, dimana Taiwan memasok 10,02% dari seluruh permintaan Indonesia, atau sekitar 2,906 juta dolar AS, sehingga menjadi pemasok terbesar ketiga di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan beberapa kebijakan untuk mendorong peningkatan sektor manufaktur Indonesia. Misalnya, untuk mendorong UKM Indonesia untuk mengganti mesin industri lama dengan yang baru, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerapkan langkah-langkah insentif pada tahun 2021. Selain itu, Kemenperin juga telah mendirikan Pusat Industri Digital 4.0. Sesuai dengan rencana ‘Making Indonesia 4.0’, pemerintah akan mendorong transformasi digital tujuh sektor industri, dan menerapkan teknologi industri 4.0 untuk meningkatkan efisiensi industri manufaktur dan daya saing industri lokal Indonesia.

Di Manufacturing Indonesia, TAITRA menggunakan teknologi 360 VR untuk menampilkan solusi manufaktur cerdas Taiwan dan rahasia dari 14 produsen Taiwan kelas atas. Selain itu, TAITRA juga bekerja sama dengan First Machinery, Jaya Metal, Omega Taiyo Teknologi, & Aspira Sekawan Prima dan menyelenggarakan serangkaian seminar Taiwan Smart Manufacturing (30 November hingga 1 Desember), di mana perusahaan-perusahaan seperti HIWIN, FEELER, SEYI, TONGTAI & MIRLE berbicara tentang solusi manufaktur cerdas terbaru dan berbagi kisah sukses mereka.

Dalam event Manufacturing Indonesia 2022 tersebut, HIWIN meluncurkan Smart Welding Robot yang dilengkapi dengan komunikasi Real Time berbasis EtherCAT dan kontrol tersinkronisasi (interpolasi) untuk tiga sumbu tambahan (6 + 6). Selain itu, terdapat juga produk Servo Press SDM1-1500 terbaru dari SEYI yang hanya membutuhkan 2 operator untuk mencapai kapasitas 10 benda kerja dalam setiap menitnya. Selanjutnya ada perusahaan Mirle yang berbagi solusi gudang otomatis, terutama untuk transportasi wafer industri SEMI, seperti FOUP Stoker, EFAM, dan OHV.

Ada juga VMX-1020 Machining Center dari Feeler, yang dirancang khusus untuk permesinan berkecepatan tinggi, dilengkapi dengan poros penggerak langsung, dasar besi tuang meehanite, struktur berbentuk A dan pemandu linier. Kemudian ada Tongtai yang berbagi solusi manufaktur cerdas TLM (dengan fungsi penjadwalan produksi dan sistem Tooling RFID), yang memastikan efisiensi pemesinan pada status terbaiknya dan membantu pelanggan membebaskan 75% ruang pabrik, menghemat 50% biaya tenaga kerja dan biaya pengelolaan.

Peserta Pameran / Produk Taiwan Lainnya di Manufacturing Indonesia 2022

ECOM (Hall A, Booth#1306) menampilkan produk VL-V11 yang dilengkapi dengan roller guideway linier berkinerja tinggi untuk semua 3-sumbu. Produk ini memberikan umpan cepat & akurat, dan juga kelonggaran benda kerja yang berat di sumbu Z. Ballscrews presisi tinggi kelas C3 3-sumbu pra-muat semuanya telah pra-ekstensi dengan baik, dan langsung digabungkan ke motor servo A/C. Hal tersebut secara signifikan akan menghilangkan reaksi dan memastikan kekokohan tertinggi. Sekrup bola/Ballscrews ultra presisi berdiameter besar yang langsung digabungkan ke motor umpan dan diatur di tengah setiap jalur pemandu dan dekat dengan titik potong.

ELITE AIR COMPRESSOR (Hall D, Booth#8617) meluncurkan produk baru dengan penghematan listrik 20-40%. Mulai dari pengalaman memperbaiki semua merek kompresor, sehingga perusahaan dapat mengetahui persis bagaimana menyatukan semua bagian yang baik, dan membangun kompresor yang berkualitas tinggi dan ramah anggaran. Semua keunggulan itu diberikan sembari memberikan layanan dan dukungan yang sangat baik dan ramah kepada pelanggan.

HONOR (Hall A, Booth#120) adalah ahli dalam pembuatan pompa roda gigi hidrolik dan motor roda gigi. Lini produk HONOR terdiri dari grup 1 hingga grup 4, perpindahan dari 1cc ke 125cc, SAE, pemasangan flanges Eropa dan Jerman, poros penggerak dapat menjadi kunci, spline dan meruncing, semua jenis port dapat disediakan berdasarkan kebutuhan pelanggan.

MATRIX (Hall A, Booth#1316) menawarkan mesin gerinda roda gigi bernilai tambah tinggi, mesin gerinda ulir cacing, mesin pengasah kompor, dan berbagai macam alat pemotong roda gigi yang disesuaikan (termasuk kompor, pemotong cukur, kompor karbida, roda gigi utama, power skiving, dll.) untuk memastikan semua kebutuhan Anda.

UNION Brush (Hall A, Booth#1307) didirikan pada tahun 1985 sebagai produsen berpengalaman, yang mengkhususkan diri dalam berbagai macam sikat industri di Taiwan. Dengan merek sendiri, UNION Brush dikenal luas dan dipercaya dengan distribusi ke seluruh dunia. UNION menyediakan berbagai macam sikat industri untuk berbagai aplikasi khusus.

YSM (Hall A, Booth#1308) YSM-36T dapat memproduksi berbagai macam shapnel komputer dan komponen elektronik/lampu, dan suku cadang fastener di bidang otomotif. Selain itu, kontrol listrik ditingkatkan ke layar sentuh PLC, sehingga informasi produksi ditampilkan di layar, membuat semua informasi menjadi sangat jelas bagi pengguna. Forming slides menggunakan kamera ganda, sehingga ketika alat pembentuk kembali, akan didorong oleh kamera belakang. Integrasi kamera belakang dan sensor geser mencegah alat pembentuk untuk tersangkut, melindungi peralatan, dan memperpanjang masa pakai peralatan.

(Hotben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Motor Listrik Yadea Masuk Indonesia, Bakal Hadir Di IIMS 2023 Dengan Line-Up Produk Unggulannya

Post Views: 3 Jakarta, Cosmopolitanpost.com Jakarta, 4 Februari