Jerry Lumele Koordinator H20:  “Kemitraan Halal Global untuk Masa Depan Berkelanjutan yang Kuat”

Jerry Lumele Koordinator H20:  “Kemitraan Halal Global untuk Masa Depan Berkelanjutan yang Kuat”

- in Featured, Nasional
22
0

 

 

Jerry Lumele Koordinator H20:  “Kemitraan Halal Global untuk Masa Depan Berkelanjutan yang Kuat”

 

Semarang, 19 November 2022.

 

Forum Halal 20 (H20) merupakan bagian dari gelaran Presidensi G20 dan berlangsung pada 17 s.d. 19 November 2022. Mengangkat tema “Global Halal Partnership For A Robust Sustainable Future”, H20 dihadiri 279 peserta yang berasal dari 44 negara. Mereka terdiri dari duta besar negara sahabat, perwakilan 104 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN), praktisi, ilmuwan, serta pemerhati jaminan produk halal.

 

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan A Brief Report Magazine on Halal Paradigm Shift dari Menag kepada Wapres. Selain itu juga telah ditandatangani MoU antara BPJPH dengan HAK Turkiye dan SFDA Saudi. BPJPH juga telah menandatangani MoU dengan UIN Ar Raniry Aceh, Universitas Negeri Padang, Queen of Mall dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Hadir dalam acara ini, Duta Besar Chile Gustavo Ayares, Plt. Walikota Semarang Hevearita Rahayu, Chairman of the Board of Directors Helal Akreditasyon Kurumu (HAK) Turkiye Zafer Soylu, Deputy Chairman of the Religious Council Singaporean Islam (MUIS) Albakri Ahmad, Executive Director of Dinar Standard Mohamed Ali Mechraoui.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, dan Staf Khusus Wapres Bidang Infrastruktur dan Investasi Bapak Sukriansyah S. Latief.

Acara H20 ini dimaksudkan untuk memperkuat, mempromosikan, dan mengembangkan kerjasama pasar halal global serta potensi dan tantangan di industri dan ekosistem halal global atas dasar timbal balik, saling pengertian, dan saling menguntungkan. Dan pada gilirannya, pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi pascapandemi global, serta peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran negara kita.

Jerry Lumelle yang juga salah satu peserta acara sekaligus koordinator H20 memberikan masukan ke seluruh peserta yang dihadiri 20 Negara antara lain yaitu Dunia Sertifikasi Halal perlu membuat satu lembaga standard khusus membidangi prosedur Quality Control dan Quality Assure dalam memproses suatu produk seperti makanan, minuman, obat-obatan dan Cosmetik guna memenuhi market Global secara aman dikosumsi oleh konsumen.
Insya Allah saya akan buat research development, kajian analysa bersama pakar sertifikasi di 20 Negara yang hadir di forum yang bersejarah ini, yang kemudian disambut standing applause oleh para peserta.

Jiwa dan badan kita akan lebih sehat jika kita mengkosumsi produk halal, dan ingat Produk halal bukan hanya untuk kepentingan umat Muslim saja tapi untuk semua umat, demikian Jerry Lumelle menutup wawancara singkatnya.

(Lili Judiarti)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Motor Listrik Yadea Masuk Indonesia, Bakal Hadir Di IIMS 2023 Dengan Line-Up Produk Unggulannya

Post Views: 3 Jakarta, Cosmopolitanpost.com Jakarta, 4 Februari