PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN REMAJA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL, KERJA SAMA PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA DENGAN GEREJA HKBP RESORT JATISAMPURNA BEKASI

PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN REMAJA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL, KERJA SAMA PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA DENGAN GEREJA HKBP RESORT JATISAMPURNA BEKASI

- in Featured, Nasional
251
0

 
PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN REMAJA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL, KERJA SAMA
PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
DENGAN GEREJA HKBP RESORT JATISAMPURNA BEKASI
 
Jakarta, Gramediapost.com
 
Pada masa kini, pendidikan dan pengajaran mendapatkan perhatian yang besar karena terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan ini dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0 atau cyber physical system, yang sangat berpengaruh pada berbagai bidang, khususnya bidang pendidikan. Para pelaksana pendidikan harus segera beradaptasi dengan berbagai perkembangan di era industri 4.0, baik pada pendidikan formal, nonformal, maupun informal, bila tidak ingin ketinggalan. Gereja sebagai lembaga yang menyelenggarakan program-program pendidikan nonformal juga harus menyesuaikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri 4.0. Karena itu, gereja perlu melengkapi pengelola pendidikan untuk mempersiapkan program pembelajaran yang menyesuaikan diri pada perkembangan ipteks saat ini dengan program pembelajaran yang relevan dan adaptif. Untuk itulah para dosen dan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) akan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pelatihan Penyusunan Program Pembelajaran Remaja Berbasis Teknologi Digital di Gereja HKBP Resort Jatisampurna Bekasi”.
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan melalui kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen UKI (MPAK PPs UKI) dan Gereja HKBP Resort Jatisampurna Bekasi. Untuk hal ini, Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen menugaskan tiga dosen dan dua mahasiswa Prodi MPAK, serta Prodi Pendidikan Agama Kristen FKIP UKI menugaskan satu dosen untuk melakukan kegiatan pelatihan penyusunan program pembelajaran remaja berbasis teknologi digital di Gereja HKBP Resort Jatisampurna Bekasi.
Gereja HKBP Resort Jatisampurna Bekasi menyediakan tempat untuk pelatihan dan memotivasi para pendamping remaja untuk mengikuti pelatihan tersebut. Adapun program yang diadakan dalam rangka pelatihan para pendamping remaja antara lain memuat sesi-sesi berupa teori dan praktik penyusunan program pembelajaran remaja.
Program ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan para pendamping remaja dalam menjalankan pelayanan pendidikan kepada remaja sesuai dengan kebutuhan remaja, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan para pendamping dalam mengajar remaja dengan menggunakan teknologi digital di Gereja HKBP Resort Jatisampurna Bekasi.
Pelaksanaan pelatihan daring pertama dilakukan pada tanggal 22 Mei 2021 yang bertemakan “Penyusunan Program Pembelajaran Remaja” dengan pembicara utama Pdt. Dr. Jusen Boangmanalu M.Th dan Dr. Desi Sianipar M.Th.
“Kami menyambut baik dengan penuh antusias pelatihan yang diadakan oleh Program Studi Magister PAK UKI ini karena materinya sangat penting bagi jemaat, khususnya para remaja yang saat ini sangat dekat dengan teknologi digital. Dengan adanya pelatihan yang terdiri dari dua sesi ini diharapkan wawasan dan pengetahuan jemaat gereja akan bertambah serta mempunyai kemampuan untuk menyusun program pembelajaran berbasis digital,” kata Pdt. Helbin Bancin M.Th selaku pendeta Gereja HKBP Resort Jatisampurna Bekasi dalam pidato sambutannya.
Setelah pelatihan daring yang pertama ini akan dilanjutkan dengan pelatihan daring kedua dengan tema “Pembelajaran Berbasis Digital” yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2021 dengan pembicara adalah Pdt.Dr. Wellem Siarwona, M.Th dan Pdt. Dr. Djoys A. Rantung M.Th.
***
Narahubung:
Djoys A. Rantung
Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen
Universitas Kristen Indonesia
Email: dyoys.anneke@uki.ac.id djoys.anneke@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

Punya Program Bangkit Kedelai, Kementan Boomingkan Kedelai Lokal Jawa Barat

Post Views: 1 Punya Program Bangkit Kedelai, Kementan