Aktif Berorganisasi dan Volunteer di Masa Pandemi? Siapa Takut!

Aktif Berorganisasi dan Volunteer di Masa Pandemi? Siapa Takut!

- in Featured, Nasional
169
0

Aktif Berorganisasi dan Volunteer di Masa Pandemi? Siapa Takut!

 

Jakarta, Gramediapost.com

Sebagai seorang remaja, wajar jika memiliki rasa penasaran yang tinggi dan ingin mencoba banyak hal baru. Salah satunya yaitu berorganisasi atau menjadi relawan (volunteer), baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Namun, tidak jarang muncul keraguan untuk aktif di sebuah kegiatan karena khawatir tidak mampu membagi waktu antara organisasi dan sekolah, terlebih di masa pandemi ini. Padahal, banyak, lho, manfaat yang bisa kamu dapat dari berorganisasi.

 

Berikut 5 tips yang dapat kamu coba agar dapat berorganisasi atau menjadi volunteer, namun tetap fokus belajar menurut Dwi Rizki Ramadhan, siswa SMAN 2 Bondowoso, Jawa Timur yang telah aktif berorganisasi sejak di bangku SMP.

 

  1. Kenali diri sendiri

Untuk dapat bergabung dalam sebuah organisasi atau menjadi volunteer, tentunya kamu harus memahami apa yang menjadi kemauanmu. Kamu harus menyiapkan diri, baik mental maupun fisik, untuk dapat membagi waktu antara berorganisasi dan kehidupan sehari-harimu sebagai pelajar di sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengenali tingkat kemampuan diri kamu agar proporsi diri kamu untuk berorganisasi  dan belajar tidak terganggu.

  1. Atur pola belajar dengan baik

Setelah memutuskan untuk aktif berorganisasi, sebagai pelajar tentunya kamu harus pintar mengatur pola belajar dengan baik agar tidak keteteran nantinya. Untuk dapat mengatur pola belajar, kamu dapat membuat jadwal atau target tertentu di setiap harinya. Salah satu cara yang dilakukan Dwi agar dapat mengatur pola belajar yang efektif adalah dengan menggunakan ruangbelajar pada aplikasi Ruangguru sebagai sarana belajarnya. Fitur jadwal belajar di ruangbelajar menjadi pengingat Dwi kapan waktunya untuk belajar. Melalui video pembelajaran, Dwi dapat terus mengikuti pelajaran dan mengulangnya apabila ada yang kurang dipahami.

Di masa pandemi ini sebagian besar kegiatan organisasi maupun menjadi volunteer dilakukan secara daring, mulai dari tahap komunikasi, koordinasi, dan pelaksanaan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan bingung untuk membagi waktu antara berorganisasi dan belajar di rumah.

  1. Komunikasikan dengan koordinator atau atasan

Sebagai seorang pelajar, tentunya prioritas utamamu adalah belajar dan sekolah. Untuk itu, kamu harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada atasanmu di organisasi atau kegiatan volunteer. Ingat, saat ini prioritas utamamu adalah belajar, namun kamu tetap akan menjalankan tugas-tugasmu di organisasi tersebut secara maksimal. Hal ini dapat dilakukan agar atasanmu mengerti jika sewaktu-waktu kamu harus izin saat ada ujian atau hal mendesak lainnya di sekolah. Terutama dalam masa pandemi ini, mayoritas guru hanya memberi materi melalui file dokumen dan menghujani dengan tugas yang tiada akhir, kamu harus dapat membagi waktu dengan baik.

  1. Self reward dan self disciplined

Menurut Dwi, self reward adalah bagaimana kamu dapat mengapresiasi atau memberi hadiah pada dirimu sendiri apabila kamu berhasil menyelesaikan target dimana waktumu dalam satu hari seimbang antara berorganisasi dan belajar. Misalnya, kamu dapat bersantai di akhir pekan dengan refreshing, membeli makanan favoritmu, dan sebagainya. Sebaliknya, self disciplined terjadi ketika kamu tidak dapat menyelesaikan targetmu, maka kamu harus “mendisiplinkan” dirimu dengan belajar lebih ekstra di akhir pekan dan tidak dapat bersantai. Untuk dapat melakukan hal ini, kamu harus membuat target dirimu sendiri baik per hari maupun per minggu, seberapa lama waktu untuk berorganisasi dan seberapa lama waktu untuk belajar.

  1. Tetap jaga kesehatan

Nah, ini yang paling penting! Di masa pandemi seperti ini, kesehatan merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan. Kamu harus pintar mengimbangi waktu antara berkegiatan, baik itu berorganisasi maupun belajar, dengan istirahat di rumah. Dengan banyaknya organisasi atau menjadi volunteer yang dapat dijalankan secara daring, kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi keluar rumah. Ingat ya, jaga pola makan dan istirahat agar kamu tetap bisa aktif walaupun di rumah aja!

 

Bagaimana inspiratif sekali bukan? Buat kamu yang memiliki rasa penasaran dalam berorganisasi namun masih ragu, tips tersebut dapat kamu aplikasikan agar kegiatan sekolah dan juga organisasi dapat berjalan beriringan. Jangan lupa untuk mengikuti video pembelajaran di ruangbelajar untuk membantumu dalam proses belajar dan terus terapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada!

(Hotben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

Puan Maharani Ketahanan Pangan Penting, Tapi Petani Juga Harus Sejahtera

Post Views: 1   Puan Maharani Ketahanan Pangan