Prihatin Kebakaran yang Melanda Sikka NTT, Nova Rumondor Minta Kehadiran Negara Bantu Warga

Prihatin Kebakaran yang Melanda Sikka NTT, Nova Rumondor Minta Kehadiran Negara Bantu Warga

- in Featured, Nasional
12
0

 

 

Prihatin Kebakaran yang Melanda Sikka NTT, Nova Rumondor Minta Kehadiran Negara Bantu Warga

 

 

NTT, Cosmopolitanpost.com

 

Ketua Umum Komite Suara Perempuan Indonesia (KSPI) Nova Rumondor prihatin dengan kebakaran yang terjadi di Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (12/9/2023).

Ketika dihubungi wartawan, Aktivis Perempuan ini, mengatakan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Rokilole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, NTT harus segera disikapi dengan kehadiran negara.

“Kehadiran negara harus segera dirasakan oleh warga terdampak bencana di Kabupaten Sikka. Pemerintah pusat perlu sigap turun untuk langsung berikan bantuan, bekerja sama dengan pemerintah daerah di Sikka,” jelas Nova.

Kebakaran yang melanda wilayah bagian timur pulau Flores ini bukan hanya menghanguskan lahan pertanian dengan 5.000 pohon mente, 1.000 pohon kelapa, dan 500 pohon kakao. Tapi juga melalap habis 45 unit lumbung pangan, 14 ton kacang hijau dan 15 ton jagung.

“Kasihan sekali nasib para petani itu. Untuk mengerjakan lahan dan mengumpulkan hasil pangan sebanyak itu mereka sudah mengeluarkan modal banyak. Sekarang ludes semua. Pemerintah wajib segera menolong mereka,” desak Nova.

Nova Rumondor yang peduli dengan pemberdayaan perempuan dan anak mengatakan negara perlu hadir membela kepentingan rakyat.

“Saat bencana seperti ini kehadiran negara akan makin dirasakan oleh warga. Kami minta nasib perempuan dan anak juga ikut diperhatikan. Kasihan ibu-ibu dan anak-anak kalau hirup asap kebakaran lahan,” jelas Nova.

Nova meminta penanganan bencana dibagi dua tahap. Tahap tanggap darurat dan tahap pemulihan lahan. Tanggap darurat dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Sosial, dan tahap pemulihan lahan oleh Kementerian Pertanian.

“Kami minta tanggap darurat dilakukan oleh BNPB untuk padamkan kebakaran dan Kemensos untuk salurkan bantuan sosial,” ujarnya.

“Saya sendiri akan bicara langsung sampaikan keluhan masyarakat ini ke Irjen Kementerian Pertanian. Bertepatan Irjen Kementan Jan Maringka akan adakan Dialog Jaga Pangan dengan Uskup Ruteng di Manggarai Barat tanggal 15 September 2023. Saya akan sampaikan para petani korban bencana di Sikka butuh peralatan tani, bibit, pupuk, dan modal pertanian untuk menggarap kembali lahan mereka yang terbakar,” pungkas Nova Rumondor.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Polsek Kepulauan Seribu Polres Kepulauan Seribu Intensifkan Sosialisasi Call Centre Polri 110 di Kalangan Warga

Post Views: 2 Polsek Kepulauan Seribu Polres Kepulauan