HASIL MONITORING LANGSUNG TINDAK LANJUT PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ANAK DI HUNIAN MODERN (APARTEMEN) KALIBATA CITY

HASIL MONITORING LANGSUNG TINDAK LANJUT PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ANAK DI HUNIAN MODERN (APARTEMEN) KALIBATA CITY

- in Featured, Nasional
143
0

HASIL MONITORING LANGSUNG TINDAK LANJUT PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ANAK DI HUNIAN MODERN (APARTEMEN) KALIBATA CITY

 

Jakarta, Cosmopolitanpost.com

 

Kemen PPPA yang diwakili Deputi Perlindungan Khusus Anak Bapak Nahar, Komisioner KPAI Ai Maryati Solihah, Pemerintah Daerah DKI, UPTD P2TP2A DKI dan Polresta Jakarta Selatan bersama Badan Pengelola Apartemen Kalibata City, Paguyuban Agent Unit serta Warga sekitar, menggelar pertemuan terbatas untuk membahas tindak lanjut penanganan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), khususnya Anak di Hunian Modern Kalibata City.

Semua pihak menyayangkan oknum-oknum yang menjadikan Kalibata City sebagai lokasi tindak pidana perdagangan anak, yang secara tidak langsung menimbulkan ketidaknyamanan pengelola dan para penghuni tetap. Kemen PPPA memberikan apresiasi kepada Badan Pengelola Apartemen Kalibata City yang telah melakukan beberapa upaya pencegahan kasus perdagangan anak (prostitusi anak) melalui (1) Penyusunan SOP & Tata Tertib Penyewaan Unit terutama larangan sewa harian yang diduga menjadi celah penyewaan atas para pelaku TPPO; (2) Penandatanganan Pakta Integritas Bagi Agent Unit Sewa; (3) Edukasi untuk Para Agent Unit Sewa terkait keamanan & kenyamanan unit untuk mencegah kasus-kasus TPPO/Prostitusi.

Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa tindaklanjut sebagai berikut :
(1) Kemen PPPA, KPAI dan Pemerintah Daerah akan menurunkan tim untuk bertugas di Posko Terpadu di Lingkungan Apartemen Kalibata City, agar memudahkan warga yang akan melaporkan kasus-kasus anak dan akan terus berkomitmen untuk menindaklanjuti kasus-kasus tersebut.

(2) Melakukan review dan penguatan regulasi, baik regulasi di tingkat Provinsi melalui Peraturan Gubernur maupun regulasi di Tingkat Pusat, khususnya terkait sanksi bagi ‘agent nakal’ dan pemilik hunian yang terbukti melakukan pembiaran atas kasus TPPO/Prostitusi anak.

(3) Mendorong Kepolisian Jakarta Selatan dalam penegakkan hukum kasus-kasus TPPO pada anak terutama yang saat ini sedang ditangani.

(4) Sebagai langkah pencegahan menghimbau seluruh keluarga Indonesia pro aktif dan meningkatkan pengasuhan positif anak sebagai pencegahan utama anak terhindar dalam sindikat TPPO.

(5) Menghimbau seluruh pihak dalam penguatan literasi digital untuk menemukenali bentuk-bentuk TPPO dan eksploitasi agar dapat melaporkan dan menghindari TPPO berbasis digital/cyber crime.

Jakarta, 22 Nov 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Patroli Malam Polsek Kepulauan Seribu Utara: Memperkuat Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Himbau Warga Waspadai Hoax Pasca-Pemilu Jakarta – Dalam rangka memperkuat sistem pendinginan (cooling system) pasca-pemilihan umum 2024 dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas), Polsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu, melaksanakan kegiatan patroli malam perintis presisi, dialogis, serta sambang di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, pada Selasa (16/04/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian dalam mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kepulauan Seribu Utara. Salah satu fokus patroli adalah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran hoax dan tidak terpecah belah oleh perbedaan pilihan politik pasca-pemilu. “Iptu Yoyo Hidayat, Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, dalam himbauannya menekankan kepada seluruh warga untuk tidak mudah percaya terhadap informasi yang belum diverifikasi kebenarannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kedamaian dan keutuhan masyarakat di wilayah ini,” ungkapnya. Selain itu, Kapolsek juga mengimbau kepada para remaja untuk tidak keluar malam, menghindari tawuran, dan tetap mematuhi aturan hukum yang berlaku. “Kami mengajak para pemuda untuk menjadi agen perubahan positif dan menjaga keamanan lingkungan,” tuturnya. Tak hanya kepada warga lokal, himbauan juga diberikan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pramuka. Mereka diminta untuk menjaga keselamatan diri serta barang bawaan demi kelancaran liburan mereka di Kepulauan Seribu. Diharapkan, dengan adanya kegiatan patroli ini, kondisi kamtibmas di wilayah Kepulauan Seribu Utara dapat terus terjaga dengan baik, menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan damai bagi seluruh masyarakat dan pengunjung.

Post Views: 2     Jakarta –  Cosmopolitanpost.com-