Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa Resmikan Instalasi Tahanan Militer TNI AD yang Bersistem Canggih

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa Resmikan Instalasi Tahanan Militer TNI AD yang Bersistem Canggih

- in Featured, Nasional
414
0


 
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa Resmikan Instalasi Tahanan Militer TNI AD yang Bersistem Canggih
 
Jakarta, Gramediapost.com
 
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan Instalasi Tahanan Militer TNI AD yang memiliki sistem yang canggih (Smart), pada hari Selasa 20 April 2021, bertempat di Markas PoMDaM Jaya, Jalan Sultan Agung No. 33, Jakarta Selatan.
Sebelum acara peresmian dimulai, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyaksikan atraksi unit satwa K-9 Polisi Militer KoDaM Jaya di dampingi DanPusPoMAD Letnan Jenderal TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. Panglima KoDaM Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., beserta Pejabat Tinggi TNI AD lainnya.
Dalam acara peresmian tersebut, di gelar atraksi adegan tiga anjing pelacak dari Unit Satwa K-9 Polisi Militer melakukan penyergapan, juga memeriksa barang khususnya dalam melaksanakan tugasnya dengan melakukan pengendusan untuk mendeteksi barang-barang seperti narkoba maupun bahan peledak.
Usai atraksi adegan anjing K-9 Polisi Militer, acara dilanjutkan dengan peresmian Smart Instalasi Tahanan Militer pertama TNI AD yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh KSAD Jenderal TNI, Andhika Perkasa.
“Hari ini merupakan kebanggaan bagi kami karena untuk pertama kalinya TNI AD memiliki Smart Instalasi Tahanan Militer” ujar Jenderal TNI Andika Perkasa.
Di jelaskannya, bahwa instalasi ini disebut “Smart” lantaran seluruh fasilitasnya berbasis Information Communication Technologies (ICT). Selain itu, peralatan yang ada juga sudah diintegrasikan sedemikian rupa dengan Artificial Intelligence (AI), sehingga sangat aman dan sangat terkendali.
“Semuanya sudah bisa diprogram, tidak lagi manual, segala hal dalam rangka pengoperasian Instalasi Tahanan Militer ini di operasikan dengan perangkat yang canggih. Semuanya sudah diprogram dengan elektronik, sehingga bisa otomatis” ungkapnya.
“Tetapi juga lebih penting, instalasi tahanan ini lebih manusiawi, tidak mungkin lagi ada bullying, dan vandalisme di dalamnya” tambah KSAD.
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa juga berpesan menitip instalasi tahanan militer ini kepada jajaran KoDaM Jaya agar bisa dimanfaatkan dengan baik.
Menurutnya, sebagai program pertama yang dimiliki, maka Jakarta menjadi tolok ukurnya.
“Saya titip kepada Pejabat Militer KoDaM untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan instalasi tahanan militer ini. Karena memang inilah yang seharusnya kita miliki, yang lebih manusiawi seperti ini” jelasnya.
Saat ditanyai wartawan, Komisi Pemberantasan Korupsi yang bekerja sama dengan menitipkan tahanannya ke fasilitas tahanan di sini, tidak ada hubungannya dengan Tahanan Militer ini. “Jika sesuatu instansi lain mau menitipkan, itu bisa kita bicarakan” ujar KSAD.
“Di tengah pandemi Covid-19, kita masih bisa mewujudkan Tahanan Militer ini. Kemudian, untuk pengembangan akan kita lakukan di wilayah yang cukup padat, dan untuk populasi TNI AD yang padat seperti di Jawa” ujar KSAD menutupnya. (Efnd).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bukan Romansa Biasa, Film “Romeo Ingkar Janji” Hadirkan Kisah Cinta Manis di Tengah Takdir yang Magis

Post Views: 2 Jakarta, Cosmopolitanpost.com Jakarta, 19 Juli