Pemanfaatan Media Pembelajaran Siswa untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) Bagi Remaja Wisma Karya Bakti Depok

Pemanfaatan Media Pembelajaran Siswa untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) Bagi Remaja Wisma Karya Bakti Depok

- in Featured, Nasional
188
0


 
Pemanfaatan Media Pembelajaran Siswa untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) Bagi Remaja Wisma Karya Bakti Depok
Depok, Gramediapost.com
Universitas Bina Sarana Informatika kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini menjadi rutinitas yang dilakukan oleh para dosen dilingkungan BSI Group tak terkecuali para Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Jakarta.
Meskipun ditengah pandemik Covid-19 para dosen dan mahasiswa tetap menunjukkan loyalitas mereka kepada masyarakat dengan menggunakan aplikasi media zoom video conference.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lazim dikenal dengan istilah abdimas merupakan salah satu wujud pengejahwentahan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan sinergisitas yang baik antara pihak perguruan tinggi dengan masyarakat dengan memberikan kontribusi langsung melalui pelatihan kepada masyarakat berupa pengetahuan atau ilmu yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada tanggal 3 April 2021, kegiatan kali ini mengambil tema tentang pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran, peserta pelatihan dari siswa SMU Depok. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana yakni Bpk Aris Hidayat, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh tutor Ibu Tri Hartati.

Dalam sambutannya, Bpk Aris Hidayat, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat hampir setiap orang dapat dengan mudah mengakses internet, dari orang tua, remaja hingga balita sudah mengenal internet.
Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan media sosial seperti Facebook, Blogger, Instagram, WhatsApp, Line hingga Twitter dan aplikasi media sosial lainnya. Dilain pihak media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Contoh dampak negatif media sosial antara lain memicu kriminalitas, menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting, atau sarana untuk menyebarkan berita hoax. Sedangkan dampak positif yakni melalui media sosial setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain, sebagai wadah untuk menyampaikan informasi, mempromosikan produk, atau sarana pendidikan. Dalam bidang pendidikan media sosial dapat menjadi sumber media informasi yang memudahkan siswa memperoleh informasi yang dibutuhkan serta turut menunjang proses pembelajaran siswa.
Kegiatan pengabdian masyarakat meski dilakukan secara tidak langsung namun tetap berjalan dengan kondusif, hal tersebut ditandai dengan antusiasme dari peserta dalam mengikuti pelatihan hingga akhir, pertanyaan yang diajukan kepada narasumber serta keinginan untuk keberlanjutan dari acara tersebut.
Kegiatan inti dilakukan dengan memberikan pelatihan oleh tutor yakni Ibu Tri Hartati yang memberikan penjelasan awal tentang jenis media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk proses belajar siswa. Pada saat ini terdapat banyak sekali media sosial yang populer dikalangan remaja antara lain: Facebook, Twitter, Path, Youtube, Instagram, Blogger, Line, dan Whatsapp.
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Siswa SMU Depok.
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

Punya Program Bangkit Kedelai, Kementan Boomingkan Kedelai Lokal Jawa Barat

Post Views: 1 Punya Program Bangkit Kedelai, Kementan