Selamat Hari Musik Nasional! Ini Dia 10 Kampus dengan Jurusan Musik di Indonesia

Selamat Hari Musik Nasional! Ini Dia 10 Kampus dengan Jurusan Musik di Indonesia

- in Featured, Nasional
293
0

Selamat Hari Musik Nasional! Ini Dia 10 Kampus dengan Jurusan Musik di Indonesia

 

Jakarta, Gramediapost.com

Selamat Hari Musik Nasional 2021! Tahukah kamu kalau ditetapkannya Hari Musik Nasional berkaitan dengan tanggal kelahiran salah satu pencipta lagu asal Indonesia? Ya, Hari Musik Nasional yang ditetapkan sejak tanggal 9 Maret 2013 bertepatan dengan tanggal lahir W.R. Supratman yang lahir pada 9 Maret 1903. Ditetapkannya tanggal lahir beliau sebagai Hari Musik Nasional adalah sebagai bentuk penghargaan dari negara ini atas jasanya dalam menciptakan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan kita.

 

Musik sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Hidup terasa hampa tanpa adanya musik. Maka dari itu, peran seorang pemusik tentu sangat dibutuhkan pada zaman ini agar tetap bisa meneruskan keberlanjutan industri ini. Bagi kalian yang ingin terjun ke dunia permusikan sebagai ahli musik, yuk, simak 10 kampus dengan jurusan musik di Indonesia berikut ini!

 

  1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Diresmikan pada tahun 1976 oleh Presiden Soeharto, IKJ merupakan salah satu kampus almamater para seniman Indonesia, termasuk para pemusik. Jurusan Seni Musik IKJ sudah banyak melahirkan musisi terkenal Indonesia, seperti Iwan Fals dan Naif. Jurusan S1 Seni Musik IKJ berada di bawah Fakultas Seni dan Pertunjukan, bersama dengan jurusan Seni Tari, Seni Teater, Etnomusikologi, dan Antropologi Tari. Info lengkap tentang IKJ dapat kamu lihat di www.ikj.ac.id.

 

  1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Sebagai kampus dengan jurusan seni tertua di Indonesia, institut seni yang terletak di kota pelajar ini sudah mencetak seniman-seniman terkenal tanah air seperti Butet Kartaredjasa, Edhi Sunarso, Didik Nini Thowok, dan masih banyak lagi. Untuk bidang musik, jurusan S1 Seni Musik ISI Yogyakarta berada di bawah Fakultas Seni Pertunjukan bersama dengan jurusan seni lainnya, mulai dari etnomusikologi, penciptaan musik, tari dan teater, karawitan, hingga pendalangan. Info lengkap tentang ISI Yogyakarta bisa dilihat di www.isi.ac.id.

 

  1. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Didirikan sejak tahun 1956, kampus ini merupakan salah satu kampus negeri dengan jurusan Seni Musik tertua di Sumatera. S1 Seni Musik di ISI Padang Panjang berada di bawah naungan Fakultas Seni Pertunjukan, bersama dengan Seni Tari, Seni Teater, dan Seni Karawitan. Info lengkap tentang ISI Padang Panjang bisa kamu lihat di www.isi-padangpanjang.ac.id.

 

  1. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB)

Kota kembang, Bandung, juga memiliki sekolah musik bernama Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB). STiMB menawarkan dua program studi Seni Musik, yaitu D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik. Informasi lengkap tentang jurusan Seni Musik STiMB bisa dilihat di www.sekolahtinggimusik.com.

 

  1. Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH adalah universitas swasta yang menyediakan S1 Seni Musik dengan berbagai program studi menarik seperti Classical Performance, Jazz & Pop Music Performance, hingga Music Education. Program studi Seni Musik UPH telah mencetak banyak pemusik di tanah air, seperti Cantika Abigail, Dira Sugandi, Almira Sarimaja Jusuf, dan masih banyak lagi. Lihat info lengkapnya di www.music.uph.edu.

 

  1. School of Creative Arts (SOCA)

Berdiri pada tahun 2001 dengan nama Institut Musik Indonesia (IMI), sekolah musik ini telah berkontribusi dalam memberikan pendidikan formal untuk industri musik kontemporer. Departemen Musik IMI memiliki dua jurusan, yaitu Contemporary Music Performance dan Audio Production. Beberapa mahasiswanya yang sudah sukses di industri musik antara lain Kerispatih, Petra Sihombing, W.A.R Band (Juara 1 Tokyo Band Summit 2019 vs Asian Beat di Jepang), Adrian Martadinata, Figgy Papilaya, dan lainnya. Simak informasi lengkapnya di www.soca.ac.id.

 

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Selain IKJ, kampus lain di Jakarta yang paling diminati untuk jurusan Seni Musik adalah Universitas Negeri Jakarta. Kampus ini memiliki program studi Pendidikan Seni Musik yang telah berhasil melahirkan seniman kondang yang sudah tidak asing lagi di dunia seni musik Indonesia. Sebut saja Sundari Soekotjo. Kunjungi website resmi UNJ di www.fbs.unj.ac.id untuk melihat informasi lengkapnya.

 

  1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

UNNES mempunyai program yang cukup lengkap untuk jurusan Pendidikan Seni Musik. Mulai dari program sarjana, magister, hingga doktor tersedia di kampus ini. Tidak hanya itu, Universitas Negeri Semarang juga menjalin kerja sama internasional di bidang seni dengan Bangkok Faculty Exchange Academy dan Taipei National of Art. Selain mendapatkan ilmu mengenai Seni Musik secara mendalam, kamu juga bisa mendapatkan international exposure jika berkuliah Seni Musik di UNNES. Tertarik? Lihat informasi lengkapnya di www.unnes.ac.id.

 

  1. Universitas Negeri Malang (UM)

Jurusan di bidang musik yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Malang adalah program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik yang telah terakreditasi A. Selain mendapatkan ilmu musik, kamu juga bisa belajar mengenai seni tari juga, lho! Pendidikan Seni Tari dan Musik yang disingkat dengan PSTM ini masuk ke dalam jurusan Seni dan Desain yang berada di bawah Fakultas Sastra. Simak informasi lengkap terkait jurusan PSTM UM di www.um.ac.id.

 

  1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Perguruan tinggi negeri yang terletak di Medan ini mempunyai jurusan kuliah di bidang musik yang bernama Etnomusikologi yang sudah terakreditasi A. Menurut laman jurusan Etnomusikologi USU, jurusan kuliah yang berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya ini merupakan salah satu yang pertama di Indonesia. Keren, bukan? Simak informasi lengkapnya di www.usu.ac.id.

 

Nah, tadi merupakan daftar 10 kampus dengan jurusan musik terbaik di Indonesia. Kamu berminat untuk berkuliah jurusan musik di salah satu kampus di atas? Yuk, mulai percantik portofolio kamu bersama guru privat musik terbaik di ruangles by Ruangguru, agar bisa memperbesar kesempatan kamu untuk lolos SBMPTN 2021 ke kampus musik impianmu. Pesan guru privatmu sekarang melalui website ruangles di www.ruangguru.com/ruangles.

(Hotben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

Puan Maharani Ketahanan Pangan Penting, Tapi Petani Juga Harus Sejahtera

Post Views: 0   Puan Maharani Ketahanan Pangan