Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Mari Simak Tips Mengurangi Sampah dari Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra 

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Mari Simak Tips Mengurangi Sampah dari Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra 

- in Featured, Nasional
298
0
Nicholas Saputra, Duta Belajar Ruangguru

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Mari Simak Tips Mengurangi Sampah dari Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra

 

Jakarta, Gramediapost.com

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2021! Tahukah kamu bahwa hari peduli sampah nasional dilatarbelakangi oleh tragedi longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tahun 2005 silam? Kejadian ini menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi jumlah sampah di bumi. Belum lagi kondisi pandemi yang kita hadapi sekarang juga semakin berdampak terhadap isu sampah yang memerlukan perhatian kita.

Sebagai publik figur yang peduli lingkungan, Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra, berbagi tips untuk mengurangi sampah, mulai dari pencegahan hingga pengelolaannya. Yuk kita peringati Hari Peduli Sampah Nasional dengan menyimak tipsnya, sekaligus mulai dipraktikkan!

 

  1. Kurangi konsumsi

Salah satu cara dalam mengurangi sampah adalah dengan meminimalkan konsumsi. Semakin besar tingkat konsumsi kita, maka sampah yang dihasilkan juga semakin besar, apa pun benda yang dikonsumsi. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi sesuatu, tanyakan dirimu apakah kamu dapat mengurangi konsumsi kamu hari ini? Apakah hal yang ingin kamu beli dan konsumsi berlebihan atau tidak?  Jangan lupa, semakin sedikit kamu mengkonsumsi, maka sampah yang kamu hasilkan juga semakin sedikit.

 

  1. Bawa dan gunakan tas belanja

Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan sampah plastik terbesar di dunia. Kantong plastik umumnya kita dapatkan saat berbelanja. Nah, mulailah praktikan membawa dan menggunakan tas belanja kamu sendiri. Bila ini dapat menjadi kebiasaan, maka jumlah sampah yang kamu hasilkan juga pasti akan berkurang.

 

  1. Bila mendapatkan kantong plastik, simpan dan gunakan lagi di lain waktu

Berhubung di masa pandemi ini kita selalu mengupayakan untuk tetap di rumah, mungkin saja kamu menerima banyak kantong plastik dari beberapa barang yang diantar ke rumah kamu. Tidak apa kok, kamu bisa simpan kantong plastik tersebut, dan memaksimalkan penggunaannya agar tidak hanya dipakai sekali saja.

 

  1. Pilih penjual yang menggunakan kemasan dengan bahan biodegradable

Jika kita terpaksa mengkonsumsi atau membeli produk dengan kemasan sekali pakai, usahakan agar kita memilih produk dengan kemasan biodegradable, karena kemasan dengan bahan biodegradable dapat terurai dalam waktu 12-24 bulan dan dapat dihancurkan secara alami. Misalnya, bila kamu mau memesan makanan, kamu bisa cek apakah restoran tempat kamu memesan makanan menggunakan kemasan dengan bahan biodegradable atau tidak. Catatlah penjual/restoran yang juga turut berkontribusi dalam melestarikan lingkungan. Mereka bisa menjadi penjual pilihanmu di lain waktu.

 

  1. Pisahkan sampah organik dan anorganik

Proses pemisahan sampah berdasarkan jenisnya merupakan tahap awal dari proses daur ulang. Kita dapat membantu tempat pengelolaan sampah dengan mulai memilah sampah di rumah. Caranya mudah, kamu bisa memisahkan tempat sampah organik dan anorganik. Sampah-sampah yang mudah terurai seperti buah dan sisa makanan dapat kamu masukkan ke dalam tempat sampah organik. Sementara sampah lain yang sulit terurai seperti kaleng aluminium, kemasan plastik, kaca, dan logam dapat dimasukkan ke dalam tempat sampah anorganik.

 

  1. Mendaur ulang sampah

Setelah memisahkan kedua jenis sampah, tahap selanjutnya adalah mendaur ulang sampah organik. Contohnya seperti dedaunan kering yang dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos untuk tanaman di rumah. Bila ada jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang secara mandiri, kamu dapat mengirim limbah tersebut ke penyedia jasa daur ulang pihak ketiga atau diberikan kepada para pemulung dan pengepul barang bekas di sekitar rumahmu.

 

Nah, itulah tips mengurangi sampah Duta Belajar Ruangguru, Nicholas Saputra. Bila kamu peduli lingkungan, maka tips tersebut dapat kamu lakukan untuk dirimu sendiri, terlepas dari apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingmu. Bijaklah dalam mengkonsumsi produk, hindari penggunaan plastik sekali pakai, dan daur ulang sampah yang ada. Jangan lupa untuk mendukung kebijakan yang berpihak pada pengelolaan sampah yang baik dan penggunaan bahan-bahan biodegradable. Yuk, mulai kurangi sampah, untuk bumi yang lebih sehat dan lestari!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

TIDAK CUKUP HANYA NAMA ; Bersama Pengurus Pusat PEWARNA PD DKI Jakarta Buka Safari Berbagi Kasih di 5 Wilayah DKI

Post Views: 0 TIDAK CUKUP HANYA NAMA ;