Tes COVID-19 dari Abbott yang Cepat, Andal, dan Nyaman Tingkatkan Kapasitas Pemeriksaan di Indonesia

Tes COVID-19 dari Abbott yang Cepat, Andal, dan Nyaman Tingkatkan Kapasitas Pemeriksaan di Indonesia

- in Featured, Nasional
299
0

Tes COVID-19 dari Abbott yang Cepat, Andal, dan Nyaman Tingkatkan Kapasitas Pemeriksaan di Indonesia
 

  • Indonesia, negara dengan populasi terbesar[1] di kawasan Asia Tenggara memperluas penggunaan teknologi point-of-care (POCT) molekuler tercepat dan alat rapid tes antigen yang hanya membutuhkan usap nasal (swab hidung), untuk mendeteksi infeksi virus corona dalam skala besar.
  • Dengan kemampuannya memberikan hasil yang dapat diandalkan dalam hitungan menit, pilihan tes COVID-19 dari Abbott menunjukkan spesifisitas dan sensitivitas yang tinggi, serta dapat digunakan oleh para tenaga kesehatan profesional dalam berbagai kondisi dan keadaan.
  • Indonesia memiliki akses kepada beberapa teknologi tes COVID-19 dari Abbott, termasuk m2000TM RT PCR, opsi pengujian berbasis laboratorium dan cepat untuk pengujian antibodi.

 
Jakarta, Gramediapost.com
 
Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-empat[2] di dunia, Indonesia saat ini terus berusaha meningkatkan kapasitas tes COVID-19, ketersediaan dua teknologi pengujian tambahan diharapkan dapat mempercepat pengujian infeksi aktif yang andal serta mendukung strategi kesehatan masyarakat, termasuk pelacakan kontak (contact tracing).
 
Teknologi terbaru yang diperkenalkan Abbott di Indonesia termasuk alat rapid tes Panbio™ COVID-19 Ag untuk mendeteksi virus SARS-CoV-2 pada orang yang dicurigai menderita COVID-19 dan platform uji COVID-19 ID NOW™ untuk deteksi point-of-care molekuler tercepat untuk mendeteksi virus corona.
 
Pada tahun 2020, Abbott telah mengirimkan 400 juta alat tes COVID-19 ke seluruh dunia dan dalam beberapa bulan mendatang, jutaan alat tes tersebut akan tersedia untuk Indonesia.
 
Tes COVID-19 yang Cepat dan Andal hanya dengan Usap Nasal (Swab Hidung)
Alat rapid tes Panbio™ COVID-19 Ag adalah alat uji aliran lateral untuk deteksi cepat kualitatif virus SARS-CoV-2 dan merupakan pilihan yang andal, terjangkau, mudah dibawa, serta dengan opsi yang dapat ditingkatkan. Panbio COVID-19 Ag bertanda CE dan telah menerima Emergency Use Listing (EUL) atau Daftar Penggunaan Darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Saat ini, seseorang memiliki pilihan melakukan usap hidung untuk mengumpulkan spesimen, sehingga prosesnya tidak terlalu invasif dan lebih nyaman. Tes rapid antigen dari Abbott – yang telah diizinkan untuk digunakan oleh tenaga kesehatan profesional – tidak memerlukan instrumentasi dan memberikan hasil sekitar 15 menit, menjadikan alat ini sangat cocok untuk pengujian dalam skala besar pada berbagai keadaan dan kondisi masyarakat. Hasil negatif tidak dapat menghalangi adanya infeksi COVID-19 dan tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya dasar untuk pengobatan atau keputusan medis lainnya.
 
Tes Panbio COVID-19 Ag telah digunakan secara luas di Eropa, Amerika, dan Afrika. Melalui kerja samanya dengan Global Fund, WHO, dan Bill & Melinda Gates Foundation, Abbott terus menyediakan tes rapid antigen Panbio untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.
 
Hasil studi klinis oleh Abbott terhadap 585 sampel menunjukkan bahwa uji Panbio COVID-19 Ag memiliki sensitivitas 91,4% dan spesifisitas 99,8% pada orang yang diduga terpapar COVID-19 atau mengalami gejala-gejala akibat virus tersebut dalam tujuh hari terakhir.[3]  
“Abbott terus berfokus untuk menghadirkan serangkaian tes COVID-19 yang andal dan nyaman untuk Indonesia sehingga secepat mungkin membantu mengatasi pandemi ini,” kata Sanjeev Johar, divisional vice president, Abbott’s rapid diagnostics business di Asia Pasifik. “Teknologi perintis kami menyediakan tes COVID-19 point of care yang cepat dan akurat serta membantu mengukur kemampuan diagnostik, agar dapat dijangkau oleh jutaan orang Indonesia.”
 
Mendeteksi Infeksi Virus Corona Aktif Menggunakan ID NOW
Platform ID NOW Abbott menyediakan deteksi point of care molekuler tercepat untuk virus corona, memberikan hasil dalam 13 menit atau kurang, dalam berbagai keadaan dan kondisi perawatan kesehatan. Sebagai tes point-of-care yang hanya boleh digunakan oleh tenaga kesehatan profesional atau operator terlatih, tes ID NOW COVID-19 menggunakan nasofaring atau usap tenggorokan (sampel) dan harus digunakan di dekat pasien. Swab harus ditempatkan langsung ke dalam instrumen, di mana alat ini memberikan hasil yang cepat dan dapat diandalkan apabila dibandingkan dengan instrumen polymerase chain reaction (PCR) berbasis laboratorium.
 
Seukuran dengan pemanggang roti kecil, platform ID NOW ini kecil, ringan (2,9 kg) dan portabel. Platform ini menggunakan teknologi molekuler, yang disenangi oleh dokter dan komunitas ilmiah karena tingkat akurasinya yang tinggi. Instrumen ID NOW mendeteksi keberadaan virus aktif SARS-CoV-2 dengan memperkuat struktur genomik (RNA) virus hingga ratusan juta kali. Hasil positif berarti seseorang memiliki infeksi COVID-19 aktif dan cenderung menular serta berisiko menularkan virus ke orang lain.
Dengan mendeteksi hasil positif dengan cepat di tempat yang nyaman di mana seseorang datang untuk menerima perawatan, penyedia layanan kesehatan dapat segera merekomendasikan perawatan atau pengobatan terbaik dan mereka yang terinfeksi dapat melakukan karantina mandiri untuk mengurangi penyebaran lebih lanjut.
 
“Ketersediaan tes COVID-19 yang andal dengan hasil cepat terus menjadi hal penting dalam memerangi pandemi di Indonesia. ID NOW menjawab kebutuhan penyedia layanan kesehatan dan masyarakat. Sebagai jaringan perawatan kesehatan swasta terbesar di Indonesia, kami dapat menangani keadaan darurat, perawatan mendesak, dan operasi dengan lebih cepat dan lebih aman baik bagi pasien maupun petugas kesehatan di 40 unit rumah sakit di 26 kota,” kata Caroline Riady, CEO Siloam Hospitals Group. “Siloam Hospitals terus menghadirkan perawatan berkualitas internasional dengan Abbott ID NOW, guna mendukung pembukaan ruang publik, tempat ibadah dan berbagai komunitas sosial, yang akan terus menjadi lebih aktif.”
 
Dalam studi pasca-otorisasi sementara yang mengevaluasi 1.003 orang, tes rapid ID NOW COVID-19 mencapai kinerja keseluruhan sebesar 93,3% kecocokan positif (sensitivitas) dan 98,4% kecocokan negatif (spesifisitas).
 
Tentang Kepemimpinan Diagnostik Abbott
Abbott telah lama menjadi pemimpin global dalam pengujian penyakit menular, termasuk pengembangan tes HIV pertama. Perusahaan ini membuat Program Pengawasan Global 25 tahun lalu untuk memantau virus HIV dan hepatitis dan mengidentifikasi mutasi untuk memastikan tes perusahaan tetap mutakhir. Abbott juga memiliki program penemuan yang telah didirikan sejak lama, yang mengidentifikasi patogen baru atau tidak dikenal dan mengembangkan tes untuk mengatasi ancaman baru ini.
 
Tentang Abbott
Abbott adalah pemimpin perawatan kesehatan global yang membantu individu untuk menikmati hidup sepenuhnya di semua tahap kehidupan. Portofolio teknologi kami yang dapat mengubah hidup mencakup spektrum perawatan kesehatan, dengan bisnis dan produk terkemuka di bidang diagnostik, perangkat medis, nutrisi, dan obat-obatan generik bermerek. 109.000 kolega kami melayani di lebih dari 160 negara.
(Hotben

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa, Polres Kepulauan Seribu, Ajak Warga Jaga Kedamaian Pasca Pemilu Melalui ‘Jumat Keliling’

Post Views: 2 Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa, Polres