Tips dan Trik Mencari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi

Tips dan Trik Mencari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi

- in Featured, Nasional
286
0

Tips dan Trik Mencari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi

 

Jakarta, Gramediapost.com

Angka pengangguran semenjak pandemi Covid-19 semakin memprihatinkan. Banyak sektor bisnis yang akhirnya harus mengambil kebijakan pahit untuk pengurangan jumlah tenaga kerja. Berdasarkan data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat lebih dari 29,12 juta orang dengan usia kerja terdampak pandemi Covid-19 di tahun 2020.

 

Di situasi sulit seperti ini, mencari pekerjaan menjadi tantangan tersendiri, khususnya untuk para fresh graduate yang sedang bersemangat meraih pekerjaan impiannya. Meskipun demikian, kamu jangan patah semangat. Sembari menunggu panggilan pekerjaan, kamu dapat menyimak tips dan trik untuk mendapatkan pekerjaan impian di tengah pandemi.

 

1. Upgrade kemampuanmu

 

Meskipun belum mendapat pekerjaan, jangan cepat puas dengan modal ijazah saja, tetapi justru sekarang adalah saat yang baik untuk meng-upgrade kemampuan kamu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selagi menunggu panggilan pekerjaan, misalnya mengikuti pelatihan yang tidak kamu dapatkan pada saat di bangku kuliah. Mengikuti pelatihan membantu untuk mengasah kemampuan dan menambah keterampilan di bidang yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu ingin bekerja di bidang digital marketing, kamu bisa mengikuti pelatihan di platform online yang menyediakan kursus skill tertentu. Ikutilah pelatihan yang dapat memberikan kamu ilmu dan keterampilan baru. Dengan begitu, kamu akan semakin menonjol ketika melamar pekerjaan impianmu.

 

2. Membangun relasi

 

Meskipun di rumah saja, kamu jangan hanya menutup diri, ya! Membangun relasi ternyata sangat berguna, lho! Kamu bisa mendapatkan info-info terbaru atau rekomendasi pekerjaan dari relasimu. Bina hubungan baik dengan para alumni, dosen, kenalan, dan saudara yang dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan. Kamu juga bisa memperkaya relasimu melalui platform LinkedIn. Kamu akan menemukan banyak informasi lowongan kerja melalui profil HRD perusahaan. Perbanyaklah koneksi dengan para HRD, siapa tau ada HRD yang tertarik untuk merekrut kamu!

3. Perbaiki CV kamu

 

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen penting yang menggambarkan diri kamu. CV merupakan hal pertama yang akan dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan. Perusahaan akan melihat dan mendapat kesan pertama melalui CV yang kamu lampirkan. Oleh karena itu, CV menjadi sangat krusial karena itu adalah dokumen yang menggambarkan diri kamu. Periksa kembali CV kamu, apakah sudah efektif mengkomunikasikan dirimu atau belum. Buatlah CV dengan visual yang menarik dan tampilkan informasi agar mudah dicerna bagi pembaca. Lampirkan hal-hal penting yang dapat menjual diri kamu seperti skill, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman bekerja. Jika kamu memiliki sertifikat yang dapat menunjang diri kamu di bidang pekerjaan yang kamu lamar, kamu dapat memasukkan sebagai nilai plus.

 

4. Up to date dengan berbagai informasi lowongan kerja

 

Selain hal di atas, hal ini juga tidak kalah penting. Pastikan kamu selalu mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya seputar info lowongan pekerjaan. Kamu bisa cek di berbagai platform lowongan pekerjaan atau situs web perusahaan. Saat ini, banyak sekali lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui sosial media. Kamu bisa cek sosial media perusahaan yang kamu tuju atau sosial media info loker (lowongan kerja).

 

Sambil menunggu informasi lowongan pekerjaan terbaru, kamu bisa banget, nih, cek instagram @lifeatruangguru atau LinkedIn Ruangguru. Saat ini, Ruangguru sedang melakukan open recruitment Management Associate Program (MAP), lho! Management Associate Program (MAP) merupakan program akselerasi karir untuk mengasah potensi dan mempersiapkan kamu menjadi pemimpin yang siap bergabung dalam misi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ada banyak sekali posisi yang sedang dibutuhkan. Yuk, cari tau informasi lengkapnya di instagram @lifeatruangguru dan LinkedIn Ruangguru. Siapa tau ada pekerjaan impian kamu di sana!

 

Nah, itu dia tips dan trik mencari pekerjaan impian di masa pandemi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa. Semangat selalu untuk para pencari kerja!

(Hotben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Film “Glenn Fredly The Movie” Siap Tayang 25 April 2024, Kisah Keluarga & Cinta Glenn Fredly Yang Menyentuh Hati

Post Views: 2 Jakarta, Cosmopolitanpost.com Jakarta, 24 April